Rabu, 04 Mei 2011

Troubleshooting Gangguan Speedy

* Speedy Tidak Bisa Connect

Untuk setting PPPoE ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jikalau koneksi speedy tidak bisa Connect :

1. Cek lampu indikator Modem :

- Lampu Power menyala ?? ( cek adaptor atau catuan listrik ) ,,
- Lampu LAN/Ethernet menyala ?? ( Cek Kabel UTP/Lan sudah terhubung apa belum antara Modem dengan Komputer ) ,,
- Lampu Link/Adsl/Dsl nyala dan harus tidak berkedip ( Cek Kabel Telpon yg masuk ke Modem, Bypass dulu dari spiltter, dan pastikan Line Telpon nya hidup ) ,,
- Lampu PPP/Internet/Data sudah nyala ?? ( cek user name dan password speedy yg di set di modem),,

2. Bila lampu indikator modem sudah NORMAL semua tapi masih belum bisa konek internet lanjutkan dengan cek setting Network Connection nya :

- u/ winxp klik start –> control panel –> network connections
- klik 2x Local area connections icon
- dari menu local area connection status klik status –> klik Support
> Address type : Assigh DHCP (default)
> IP Address : harus sesuai dengan IP modem (ex:192.168.1.2 – default) ,,
> Subnet Mask : 255.255.255.0 ,,
> Default Gateway : harus berisi IP modem (ex:192.168.1.1 – default) ,,
> DNS server : 202.134.1.10 dan 202.134.0.155 ( Sesuaikan DNS terdekat dari daerah masing2 ),,

3. Jikalau sudah,, cek koneksi lokal kemudian lanjutkan dengan cek koneksi internet ,,
> Klik Start –> Run ( bisa juga menggunakan tombol kombinasi "windows + r ")
                   –> lalu ketik : cmd    
                   –> pertama cek koneksi ke modem dulu,,cara nya ketik : ping 192.168.1.1 -t  enter
harus muncul TTL ( TIME TO LIVE ) nya : Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=254
                   –> kedua kita cek koneksi ke arah internet nya,,dengann cara test koneksi ke DNS ,

                   –> Run –> cmd –> ping 8.8.8.8 -t enter ( IP DNS Google ) atau

                                            –> ping 203.130.193.74 ( IP DNS Telkom, Batam ),

hasil : Reply from 8.8.8.8: bytes=32 time=34ms TTL=53               dan
         Reply from 203.130.193.74: bytes=32 time=25ms TTL=60 ( ini menunjukan bahwa jalur koneksi tidak bermasalah ).



4. Lalu apabila langkah di atas sudah benar tetapi masih belum bisa,,langkah selanjutnya kita cek web  browser kita :


> Mozilla –> buka Mozilla nya –> klik Tools –> Options –> Advanced –> Network –> Settings
               –> pastikan dalam keadaan No Proxy.

> IE        –> buka IE ( Internet Explore ) –> klik Tools –> Internet Options –> Connections –> Lan settings
               –> pastikan tidak ada yang tercentang dalam pemilihan Proxy disitu,

5. Apabila masih mengalami kesulitan dalam penanganan di atas,,langkah selanjutnya adalah Hubungi 147,, :)
atau bisa di share disini,,barang kali saya bisa membantu nya juga,, ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar